Kamis, 10 Januari 2013

Jenis Kopi Yang Lain

Kopi arabika yang ditanam di indonesia biasanya varietas typica. dari varietas ini didapatkan kultivar yang banyak ditanam di jawa timur ( dataran tinggi ijen ) yakni kultivar blawan pasumah. kultivar ini sensitif pada penyakit karat daun, hingga ditanam pada ketinggian 1. 000 m ke atas.

Kopi robusta dengan komersial ditanam sampai ketinggian 800 m, maka ada zone dengan jarak vertikal 200 m yang kosong ( zonal gap ) yang tidak dapat ditanami kopi. untuk menangani zonal gap, pada th. 1929 sudah dimasukkan kopi arabika varietas abessinia yang relatif resisten penyakit karat daun serta bisa ditanam pada ketinggian 700 m ke atas. karena maka zonal gap dengan pontensial bisa diatasi.

Pada th. 1955 dimasukkan sebagian kultivar kopi arabika serta terpilih sebagian nomer lini s, yang datang dari india yang tahan pada penyakit karat daun serta bisa ditanam pada ketinggian 500 m ke atas. karena semua zone vertikal mungkin bisa ditanami kopi, dengan overlapping zone setinggi 300 m ( pada ketinggian 500 serta 800 m ) dengan komersial bisa ditanam kopi robusta serta kopi arabika.

0 komentar:

Posting Komentar