Rabu, 23 Januari 2013

Keperluan pohon penaung kopi

Tanaman kopi bisa ditanam dengan atau tanpa penaung. namun beberapa besar tanaman kopi ditanam dengan penaung meskipun dengan intensitas yang tidak sama. tanaman kopi menginginkan cahaya matahari tidak penuh dengan penyi-naran teratur. ada penyinaran yang tidak teratur menyebabkan perkembangan tanaman serta pola pembungaan jadi tidak teratur dan tanaman cepat berbuah namun produksinya rendah serta cepat alami penurunan. tanaman kopi membutuhkan pohon penaung yang bisa mengatur intensitas cahaya matahari cocok yang dikehendaki tanaman kopi.

keperluan naungan

Untuk memastikan keperluan penaung pada tanaman kopi bergantung pada situasi tanaman kopi. makin baik situasi tanaman kopi makin sedikit dibutuhkan penaung. pada tanaman kopi yang dipupuk dengan intensif hingga situasi perkembangan tanaman jadi tambah baik maka penaung mesti dikurangi. pada tanaman kopi dengan pohon penaung yang gelap, tanggapan tanaman kopi pada pemupukan amat kurang hingga butuh dikerjakan pengurangan pada pohon penaung namun disertai dengan menambahkan mulsa/sarasah. makin banyak pupuk serta mulsa yang dipakai pada tanaman kopi makin banyak pohon penaung bisa dikurangi. pada situasi perkembangan tanaman yang kurang baik, dibutuhkan semakin banyak penaung. tanaman kopi yang kekurangan penaung dapat sensitif pada situasi perkembangan yang ekstrim, serta gampang alami pembuahan yang terlampau lebat ( overbearing ).

Keuntungan pemakaian pohon penaung pada tanaman kopi diantaranya :

kurangi penyinaran segera hingga humus tidak gampang hilang.
kurangi berlangsungnya erosi terlebih pada tempat miring.
menghindar embun upas ( frost ) pada daerah-daerah tinggi.
sebagai sumber bahan organik.
bisa menghimpit perkembangan gulma.
sebagai sumber bahan bakar ( untuk pengeringan kopi ).

namun kekurangan pemakaian pohon penaung pada tanaman kopi diantaranya :

berlangsung persaingan didalam pemakaian air serta unsur hara dengan tanaman kopi.
kurangi rangsangan pembungaan tanaman kopi.
membutuhkan pemeliharaan serta pengaturan.
sangat mungkin jadi inang hama/penyakit untuk tanaman kopi.

pohon penaung mesti mencukupi sebagian syarat diantaranya :

pohon penaung memiliki perakaran yang didalam hingga dapat menyerap unsur hara dari tanah sisi didalam. daun-daun pohon penaung yang gugur dapat terurai jadi pupuk organik yang bisa menyuburkan tanah sisi atas hingga bisa diserap oleh tanaman kopi.
gampang diatur dengan periodik hingga tidak menghalangi pembungaan tanaman kopi.
tidak jadi tanaman inang hama serta penyakit untuk tanaman kopi.
terhitung type tanaman leguminosa.
membuahkan banyak bahan organik.
membuahkan kayu bakar yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar