Rabu, 09 Januari 2013

Kopi Robusta

Pada th. 1878 timbul serangan penyakit karat daun yang diperkirakan datang dari sri langka serta menyebar cepat keseluruh perkebunan kopi di jawa. dikarenakan sukar dikendalikan, maka sejak th. 1900 dikembangkan kopi type robusta ( coffea canephora ) yang relatif tahan penyakit karat daun. type kopi robusta ini lantas berkembang cepat nyaris ke semua lokasi indonesia.

Kopi canephora juga dimaksud kopi robusta. nama robusta dipergunakan untuk tujuan perdagangan, tengah canephora yaitu nama botanis. type kopi ini berasal rimba katulistiwa di afrika, dari pantai barat hingga uganda.

Karakter-sifat spesial dari type robusta, tak hanya tersebut diatas adalah : bau serta terasa tidak seenak kopi arabika, namun produksinya tambah lebih tinggi. dikarenakan terasa tidak seenak kopi arabika, maka harga nya lebih rendah. tanaman di kebun, pemeliharaannya lebih gampang serta cost bisa dihemat. daun lebih kecil, dengan permukaannya agak berombak, serta dari batangnya banyak tumbuh cabang-cabang. sekarang ini lebih kurang 90% dari areal kopi indonesia yaitu kopi robusta.

0 komentar:

Posting Komentar