Sabtu, 26 Januari 2013

Pentingnya pemangkasan pada tanaman kopi

Berhasilnya satu budidaya tanaman kopi di pengaruhi oleh beragam jenis factor, diantaranya : iklim, kesuburan tanah, bahan tanam, pemeliharaan tanaman, dan seterusnya. di antara factor tindakan budidaya yang mutlak yaitu pemangkasan tanaman kopi.

Buah kopi terbentuk pada cabang-cabang lateral ( primer atau sekunder ) yang disebut product dari perkembangan vegetatif. pada prinsipnya pemang-kasan tanaman kopi mempunyai tujuan untuk mengatur perkembangan vegetatif tanaman kopi ke arah perkembangan generatif yang lebih produktif. pemangkasan mempunyai tujuan mengatur tanaman kopi supaya bukan sekedar membuahkan banyak cabang serta daun, namun juga membuahkan banyak buah.

Didalam budidaya tanaman kopi, pemangkasan adalah tindakan yang tidak bisa diabaikan serta tidak semudah layaknya apa yang diperkirakan orang, karena kekeliruan saat melakukan pemangkasan adalah di antara karena berkurangnya produksi. oleh karena itu sebelum saat lakukan pemangkasan sebaiknya diketahui karakter perkembangan tanaman kopi hingga bisa memastikan pelak-sanaan dan langkah pemangkasan yang pas.

Pemangkasan tanaman kopi adalah di antara diantara tindakan tehnis budidaya yang mutlak, mempunyai tujuan untuk mengarahkan perkembangan tanaman kopi supaya jadi sehat, kuat, memiliki keseimbangan pada perkembangan vegetatif serta generatif, hingga tanaman lebih produktif.

Tujuan pemangkasan tanaman kopi yaitu :
  1. supaya tanaman kopi terus rendah hingga meringankan pemanenan.
  2. untuk memperoleh cabang-cabang produktif baru dengan terus-terusan.
  3. mempermudah masuknya sinar ke didalam tubuh tanaman kopi untuk merangsang pembentukkan bunga.
  4. membuat lancar peredaran hawa didalam kebun hingga bisa membuat lancar pernyerbukan serta kurangi kelembapan kebun.
  5. mengatur letak, usia serta wujud dari cabang produktif cocok dengan pola yang dikehendaki.
  6. untuk buang cabang-cabang yang tidak dikehendaki, contohnya cabang yang sudah tua serta tidak produktif lagi, serta cabang-cabang yang tidak dibutuhkan.
  7. menolong menghindar tersebarnya hama serta penyakit.
  8. untuk kurangi “biennial bearing” agar hasil stabil tiap-tiap th..

Kekeliruan saat melaksanakan pemangkasan tanaman kopi adalah di antara karena berkurangnya produksi. oleh karena itu sebelum saat melaksanakan pemangkasan mesti diketahui karakter-sifat perkembangan tanaman kopi, baik perkembangan vegetatif ataupun perkembangan generatif.

1 komentar:

  1. Tips dan trik membuka usaha kopi hal yang sangat mendasar kita harus memiliki modal. Untuk itu juga fungsi warung kopi sering dijadikan tempat istirahat dan melepaskan lelah, kalau bisa tempat meeting dan lain-lain.

    Peluang Usaha Membuka Warung Kopi.

    BalasHapus