Selasa, 29 Januari 2013

Pemupukan pada tanaman kopi

Pemupukan pada tanaman kopi mempunyai tujuan untuk memenuhi keperluan unsur hara tanaman. unsur hara diperlukan oleh tanaman untuk perkembangan, membentuk batang, daun, cabang, bunga, serta buah.

Untuk memastikan keperluan pupuk pada tanaman ditentukan oleh dua factor yakni pengambilan hara oleh tanaman dari didalam tanah serta persedian kandungan unsur hara didalam tanah.

Tanaman kopi mengambil hara dari didalam tanah untuk perkembangan vegetatif serta pembentukan buah. unsur hara yang di ambil oleh kopi robusta untuk areal satu hektar 1 tahun yaitu seperti berikut : 135 kg n ( 293 kg urea ), 34 kg p2o5 ( 89 kg ds ), serta 145 kg k2o ( 290 kg zk ).

Untuk tahu keperluan pemupukan dibutuhkan kajian tanah serta kajian daun tanaman kopi, yang sebisa-bisanya dilengkapi dengan percobaan lapangan. faedah pemupukan yaitu untuk perbaikan situasi tanaman, pening-katan produksi serta mutu, serta stabilisasi produksi.

Pupuk majemuk memiliki sebagian keuntungan dibanding dengan pupuk tunggal contohnya cost pengangkutan, aplikasi pupuk, dan seterusnya. pemberian pupuk yang salah bukan hanya saja tidak efisien, namun kerap turunkan produksi. perihal ini dikarenakan tanaman kopi kurang mempunyai daya serap selektif pada pemberian pupuk yang tidak seimbang.

Dosis pupuk untuk tanaman kopi amat mutlak dikarenakan dosis yang terlampau kecil dari semestinya, kurang atau apalagi tidak berikan keuntungan. demikianlah juga bila dosis pupuk yang didapatkan terlampau besar. penetapan dosis maksimal didasarkan pada data kajian tanah, kajian daun, serta juga hasil-hasil percobaan lapangan.

Waktu pemupukan sesuai dengan keperluan tanaman serta situasi iklim. pemupukan dikerjakan pada awal musim hujan 1/2 dosis n serta selu-ruh dosis p dan pada akhir musim hujan 1/2 dosis n serta semua dosis k.

Pemupukan dapat efisien serta beruntung jika dipenuhi syarat-syarat layaknya pengaturan pohon penaung, pemangkasan kopi, serta perlakuan tanah.

Pupuk diberikan pada lingkar piringan pohon sesudah terlebih dulu dicangkul mudah serta dibikin parit dangkal. pupuk urea diberikan dengan langkah dibenamkan didalam tanah untuk menghindar hilangnya pupuk melewati penguapan. pupuk diberikan pada lingkar tajuk pohon kopi serta janganlah diberikan diluar lingkar tajuk pohon kopi dikarenakan biasanya ada banyak gulma. sebaliknya janganlah berikan pupuk dekat pangkal batang dikarenakan di bagian ini akar serabut cuma sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar